Jumat, 10 Februari 2012

Climate Change = perubahan iklim membunuh 460 orang

saya pernah mendengar survei yang pernah dilakukan untuk keperluan salah satu perusahaan penjualan di luar negri. uniknya survey ini adalah mencari "apa yang sesungguhnya ditakuti oleh manusia ".
dari beberapa pertanyaan ternyata hasilnya sangat menarik untuk kita cermati seperti :

  • bahaya rokok sama sekali tidak mempengaruhi orang meskipun ada peringatan dalam kotak rokok bahkan di   negara gajah putih produsen rokok harus memasang foto akibat merokok di setiap kemasannya.
  • Nuklir yang sangat ditakuti oleh beberapa LSM dan NGO internasional akan bahaya radiasinya juga tidak mempengeruhi pemerintah dengan alasan listrik murah dll. padahal sampai detik ini negara-negara maju masih kesulitan untuk membuang limbah nuklir sampai samapai harus di simpan dikedalaman 10-20 km dalam tanah bahkan dibuang ke angkasa luar.
  • hari ini penulis membaca artikel sesuai judul "Climate Change membunuh 460 orang di eropa. berikut kutipannya.  Belgrade - Cuaca dingin ekstrem yang melanda kawasan Eropa kian meluas. Dilaporkan sebanyak 460 orang dari seluruh wilayah Eropa, tewas akibat cuaca dingin ini

  • Angka korban tewas tersebut didapat dari sejumlah negara di kawasan Eropa Utara dan Eropa Timur. Demikian seperti dilansir oleh AFP, Jumat (10/2/2012).

    Di Bulgaria, tercatat rekor baru di mana suhu udara mencapai yang terendah dari yang pernah ada, yakni minus 28,6 derajat Celcius. Semua ekspor energi telah dihentikan akibat cuaca dingin.

    Di wilayah tersebut, dilaporkan sedikitnya 28 orang tewas akibat cuaca dingin tak tertahankan ini. Sebanyak 8 orang di antaranya tewas karena tenggelam ketika air bendungan menyapu desa tempat tinggal mereka di wilayah Biser.

    Di Republik Ceko, dilaporkan korban tewas mencapai 25 orang. Yang terbaru, jasad seorang pria gelandangan ditemukan membeku di wilayah Kolin. Suhu udara di kota Praha mencapai minus 25 derajat Celcius, sedangkan di wilayah pegunungan mencapai minus 40 derajat Celcius.

    Di Italia, sebanyak 43 nyawa melayang akibat cuaca dingin ekstrem ini. Bahkan tentara militer yang mencoba mengevakuasi warga malah ikut terjebak dalam timbunan salju sedalam 3 meter.

    Cuaca dingin disertai angin kencang seperti ini diprediksi terus melanda Italia hingga akhir pekan. Hujan salju di Italia tercatat sebagai yang paling parah dalam beberapa dekade terakhir.

    Di Prancis, polisi baru saja menemukan jasad seorang pria berumur 83 tahun di dekat hutan di Fougeres. Temuan ini menambah jumlah korban tewas menjadi 7 orang hingga saat ini.

    Sedangkan kematian lainnya dilaporkan dari negara Eropa Timur, seperti Ukraina, Rumania, Polandia, Serbia, dan sebagainya. Korban tewas terbanyak berasal dari Ukraina yakni mencapai 136 jiwa. Di Polandia, korban tewas sebanyak 68 orang, yang sebagian besar tewas akibat hipotermia.

    Sementara itu, cuaca dingin ekstrem ini juga berdampak pada salah satu sungai terpanjang dan tersibuk di benua tersebut, Sungai Danube. Sungai yang bermuara di Laut Mati tersebut membeku dan berimbas pada lumpuhnya aktivitas warga.

    Sungai yang memiliki panjang 2.860 km ini melewati 10 negara di kawasan Eropa Timur dan Tengah. Sungai ini sangat vital bagi transportasi, sumber energi, irigasi, industri dan perikanan.

    Es menutupi nyaris sebagian besar sungai terpanjang kedua di Eropa tersebut. Akibatnya, distribusi barang dan logistik melalui sungai ini terhenti. Selain itu, sebanyak 224 kapal yang ada di sungai tersebut dilaporkan terjebak dalam es. Para petugas penyelamat dari sejumlah negara berusaha menyelamat para kru kapal yang ikut terjebak.sumber : detik.com
  •  buat kawan kawan yang yang berada di belahan dunia lain mungkin bisa berkata " kan itu jauh dai indonesia. padahal imbas dari perubahan iklim sudah kita rasakan seperti : bergesernya musim hujan,gagal panen,wabah ulat bulu di beberapa kota,penyakit pancaroba. sedikit info dahulu kala ada ilmuan bernama nikola tesla dengan kejeniusannya dia bisa menciptakan bom elektronik yang bisa merubah cuaca,menimbulkan angin topan, musim panas panjang, dengan kata lain dia bisa menciptakan sesuatu yang lebih dahsyat daripada bom atom yaitu "Bom Cuaca". terbukti ini juga pastinya tidak membuat manusia takut
  • yang paling ektrim adalah banyak manusia dengan sombongnya mengaku sebagai tuhan seperti Firaun dan raja yang merasa dirinya lebih hebat dari kekuatan yang Maha. ini pun maish tidak membuat manusia menjadi gentar. gawat yah
  • nah sebenarnya apa yang membuat manusia menjadi sangat takut ? ternyata bukan Bom Atom,racun Rokok,Climate Change,Global Warming bahkan sampai tidak mengakui adanya Tuhan. Jawaban dari pertanyaan survey "apa yang membuat manusia itu sangat takut "perasaan ditolak". tidak banyak orang yang mau keluar dari zona nyamannya seperti halnya :
  1.  para petugas pemerintah yang sebenarnya bisa bekerja lebih maksimal, padalah hati kecil mereka sudah ingin namun takut ditolak oleh lingkunganya yang notabenenya menginginkan status quo. 
  2. dalam dunia cinta pernah juga ada pepatah "cinta ditolak dukun bertindak".
  3. pelaku illegal logging menghalalkan segala cara sampai membunuh orang utan hanya agar memuluskan gagasannya tidak ditolak oleh atasannya
  4. seorang anak bisa gantung diri karena mengetahui dirinya tidak lulus sekolah, hanya semata-mata dia merasa akan ditolak dari pertemanannya dan rasa malu diantara teman temanya
  5. pera pemangku jabatan sebenarnya bisa menciptakan negara yang ramah lingkungan dengan menetapkan uud atau peraturan presiden namun ada rasa takut mengecewakan para pengusaha dan para penyandang dana kampanye
  6. indonesia harusnya bisa 100 kali lebih kaya dengan mengambil alih semua hasil bumi dan segala isinya dengan dikelola secara mandiri oleh warga sendiri namun takut dengan para investor, dan bank dunia karena merasa hutang budi dengan penyandang dana politik mereka.
  7. anak muda atau ABG memilih narkoba atau bolos sekolah karena semata-mata takut ditolak atau tidak diterima oleh rekan rekannya
  8. para anggota DPR menjadi berubah visi dan misinya menjadi memperkaya diri sendiri karena dipengaruhi takut ditolak oleh EGOnya sendiri. masa sih anggota DPR mobilnya jelek atau masa anggota DPR rumahnya butut atau yang lebih gila lagi karena harus mengembalikan modal kampanye.
banyak lagi hal hal yang tenyata membuat manusia itu sangat takut ditolak bail dari lingkungannya maupun dari EGOnya sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan Masukan silahkan

Arsip Blog

Pengikut

Linkedin

Kontributor