Rabu, 09 November 2011

Walikota Jakarta Barat Jadi Petani !!

KALIDERES (Pos Kota) – Walikota Jakarta Barat H Burhanuddin, meminta instansi terkait mendukung petani melalui penyuluhan penerapan teknologi baru, baik cara budidaya maupun pengendalian hama dan penyakit tanaman, hubungan inter dan antar kelompok untuk tukar pengalaman di bidang serupa.
“Kedepan saya berharap akan lahir varitas unggulun dari wilayah ini. Sementara ini baru varitas sayur mayur seperti Selada Betawi Semanan, kualitasnya diakui terbaik dan telah mendapat penghargaan dari Kementerian Pertanian,” kata walikota, ketika, menanam padi di RT 001/04 Kelurahan Semanan Kecamatan Kalideres , Selasa (8/11) pagi.
Untuk menjamin keberhasilan pertanian, Walikota Burhanuddin minta seluruh petani dalam wadah kelompok tani se Jakarta Barat menerapkan pola tanam yang benar dan mengikuti jadwal tanam yang telah ditentukan, sehingga lahan yang tersedia dapat dimanfaatkan secara optimal,


“Saya sangat apresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada kelompok tani Jawa Indah yang telah berupaya keras dan mau bercocok tanam padi untuk kebutuhan keluarganya, dan otomatis mereka telah membantu pemerintah dalam menyukseskan program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN),”jelas walikota,sekaligus menyerahkan bantuan bibit varitas Ciherang,samponin (hama untuk siput), klerat (umpan/racun tikus), pestisida cair, furadan, serokan siput dari Sudin Pertanian Jakarta Barat.
Kasudin Pertanian dan Kehutanan Jakbar, Bayu Sari Hastuti menjelaskan kegiatan tanam padi ini merupakan musim tanam 2011-2012, luas lahan sawah yang dimanfaatkan di RW 04 itu 20 hektare. Pengairannya diambil dari limbah rumah tangga dan tambahan air hujan. “Dari limbah rumah tangga ini petani bisa menanam sepanjang tahun, dalam satu tahun petani bisa menanam sampai tiga kali,” jelasnya.
Di lahan ini, kesuburan tanah cukup baik ,sehingga perkembangan akan lebih cepat hanya 21 hari, diharapkan tiap hektarenya dapat tertanam 160.000 rumpun padi, sehingga hasil panen diprediksi antara 6-7 ton/hektare GKP (gabah kering panen).
”Lahan pertanian di Kecamatan Kalideres mencapai 258 hektare lahan sawah, tersebar di Kelurahan Semanan 56 Ha,di Kelurahan Pegadungan 42 ha, Kelurahan Kalideres 20 Ha di Kamal. 40 Ha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan Masukan silahkan

Arsip Blog

Pengikut

Linkedin

Kontributor