Minggu, 13 November 2011

Forum Kominikasi Pemberdayaan Keluarga 267 RW

BERITAJAKARTA.COM — 14-09-2011 18:57
Kegiatan road show TP PKK DKI ke sejumlah RW di Jakarta, ternyata tidak hanya mampu mendorong partisipasi aktif para kader PKK untuk membangun lingkungan, tetapi juga telah mampu membentuk 267 Forum Komunikasi Pemberdayaan Keluarga (FKPK). Dengan forum ini, bisa menjadi jembatan antar warga untuk saling berkomunikasi, terutama untuk persoalan-persoalan yang menyangkut kemasyarakatan.

"Forum ini nantinya dikembangkan menjadi wadah komunikasi antar warga dan sekaligus upaya intervensi menyelesaikan persoalan kemasyarakatan terutama terkait aspek pemberdayaan yang berbasis keluarga," kata Mara Oloan Siregar, Asisten Kesejahteraan Masyarakat (Askesmas) DKI Jakarta, saat membuka kegiatan Pemantapan Forum Komunikasi Melalui Pekan Pemberdayaan Keluarga di Jakarta Selatan, Rabu (14/9)

Menurut Mara, sejak Mei 2010-Juli 2011 TP PKK DKI bersama SKPD Pemprov DKI telah menyelenggarakan road show pemberdayaan keluarga PKK. Kegiatan road show tahap I ini, lebih menitikberatkan pada aspek advokasi, komunikasi, informasi dan edukasi untuk sebanyak-banyaknya membentuk serta membina Forum Komunikasi Pemberdayaan Keluarga (FKPK). "RW binaan menjadi fokus pemberdayaan keluarga, dan ditetapkan melalui keputusan walikota dan bupati," tuturnya.

Untuk roadshow tahap II yang dimulai pada 21 September mendatang, Mara mengharapkan agar seluruh TP PKK bisa lebih menitikberatkan aktivitas pada rencana aksi di RW binaan. Selama ini program tahap I untuk pemberdayaan keluarga, pemberdayaan pendidikan berbasis keluarga, peningkatan derajat kesehatan keluarga, peningkatan derajat kesertaan ber-KB, serta perbaikan dan penataan lingkungan fisik tempat tinggal keluarga. "Kalau tahap II membentuk kelompok kegiatan dengan program unggulan PKK di RW binaan," tegasnya.

Untuk suksesnya kegiatan itu, ia meminta perhatian seluruh unsur pengelola dan pelaksana baik dari jajaran TP PKK dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB), serta SKPD terkait bekerja sama untuk kesuksesan program tersebut. "Agar pengentasan keluarga miskin di Jakarta bisa berjalan cepat dan lancar," harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan Masukan silahkan

Arsip Blog

Pengikut

Linkedin

Kontributor